Kamis, 18 Februari 2016

Langkah Membuat Blog

Langkah Mudah Membuat Blog di Blogger (Blogspot)


Untuk memulai menggunakan Blogger, silahkan masuk dengan Akun Google Anda. (Jika Anda menggunakan akun Gmail, Google Groups, atau orkut, berarti Anda sudah memiliki akun Blogger.) Jika Anda tidak memiliki Akun Google sebelumnya, silahkan Anda membuat akun google disini.

Membuat Blog di Blogger

Untuk memulai membuat blog di Blogger, silahkan kunjungi homepage Blogger, masukkanusername dan password Anda, lalu klik Masuk / Sign in.
cara membuat blog

Jika Anda di bawa ke halaman seperti gambar di bawah ini, kemudian klik lanjut ke Blogger.

      cara mudah membuat blog di blogger

Pada halaman selanjutnya (jika tampil seperti gambar di bawah ini). Kemudian klik link Blog baruuntuk memulai! (lihat di sebelah kiri). Jika tampilan bahasa di Blogger Anda bahasa Inggris, Anda bisa menggantinya, klik gambar GERIGI di sebelah kanan atas, scroll ke bawah pilih bahasa Indonesia. Tunggu beberapa detik browser Anda akan mereload halaman hingga berubah menjadibahasa Indonesia.

cara membuat blog di blogger

Kemudian Anda akan di arahkan pada halaman melayang (seperti gambar di bawah ini). 

cara membuat blog keren di blogger


Silahkan Memilih alamat (URL) dan judul blog. Kemudian, pilih template blog favorit Anda (ini adalah bagaimana blog Anda akan terlihat ketika Anda mempublikasikannya). 

Perhatian: Dalam beberapa kasus, alamat blog yang mungkin Anda pilih tidak tersedia, maka usahakan Anda memilih alamat (URL) yang unik dan sedikit panjang. Seperti yang sudah saya utarakan di atas, Blogger adalah platform yang populer, tentu alamat (URL) sudah banyak yang menggunakan. Jadi, usahakan yang unik yang mungkin belum dimiliki oleh orang. Anda bisa melihat contoh seperti ini caramembuatemail46 (alamat url akan diakhiri dengan blogspot.com). Jika Alamat (URL) Tersedia! Silahkan pilih templat sesuai keinginan Anda. Kemudian klik link Buat Blog.
cara mudah membuat blog


Pada tahap ini blog Anda sudah jadi dan siap untuk pengeposan. Klik pada link Entri Baru (sebelah kiri atas) untuk memulai membuat postingan!

Memulai Menulis Postingan Baru


Setelah blog baru Anda siap, saatnya Anda memulai membuat postingan baru. Untuk mempelajaricara menulis artikel berkualitas, silahkan baca link tersebut.

cara membuat blog di blogspot

Pada gambar di atas, perhatikan poin demi poin untuk memulai membuat postingan dengan sempurna.

  • Poin pertama; Buatlah judul yang ingin Anda bahas, misal cara membuat blog gratis 2015.
  • Poin kedua: Mulai membuat artikel. silahkan menulis di kotak yang tersedia sesuai apa yang ingin Anda bahas.
  • Poin ketiga; Buat label. memberi label bertujuan untuk mengelompokan artikel yang masih terkait dengan postingan blog Anda.
  • Poin keempat; Membuat link yang mengarah ke artikel Anda. Nah, pada poin ini jika Anda masih bingung, biarkan saja biar di buat secara otomatis oleh blogger.
  • Poin kelima: Publiskan. Jika artikel Anda sudah selesai Anda bisa langsung mempubliskan atau lihat Pratinjau dulu sebelum mempubliskan artikel.
  • Poin keenam: Simpan. Jika Anda belum selesai menulis artikel dan ingin meneruskan di kemudian hari, simpan terlebih dahulu di draf dengan cara klik Simpan.
Untuk memulai membuat artikel kembali, caranya sama dengan yang pertama dengan mengklikEntri Baru setiap ingin menulis artikel baru.

Mengganti Templat Blogger


Nah, mungkin Anda kurang tertarik dengan templat bawaan blogger dan Anda ingin membuat tampilan blog Anda menarik itu bisa Anda lakukan. Caranya klik link Template ( disebelah kiri bawah) lihat gambar di bawah ini.

cara membuat blog keren

Lihat disebelah kanan atas, kemudian klik link Cadangkan / Pulihkan. Lalu Anda akan di arahkan kehalaman seperti gambar di bawah ini;

cara cepat membuat blog di blogspot
Nah untuk mengganti templat, tentu Anda harus memiliki file templat terlebih dahulu. Anda bisa memilih templat disini Templat Simple SEO Friendly. Setelah Anda mendownload templat baru Anda klik Chose File pilih file yang berformat xml yang sudah Anda download tadi kemudian klik padaUnggah. Tunggu proses hingga selesai!

Catatan:
Unduh templat terlebih dahulu sebelum mengganti templat yang baru. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika templat Anda gagal untuk di ganti, jadi Anda bisa mengembalikan templat tersebut seperti semula.

Jika templat Anda berhasil di ganti, akan muncul tampilan seperti ini ( lihat gamba dibawah ini).


cara membuat blog menarik


Untuk melihat tampilan blog baru Anda, silahkan klik Lihat Blog dan lihat hasilnya. Contoh seperti gamba di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar